Liputan Aksi Damai 27 Fak Fak & Manokwari Agustus 27

Video Aksi Massa Fak Fak Agustus 27

Pernyataan Sikap Aksi Massa Fak Fak Agustus 27

Liputan Aksi Massa Manokwari, 27 Agustus 2013

Sekitar 3000 massa rakyat bangsa Papua Barat longmarch untuk menyambut kedatangan armada kapal-kapal Freedom Flotilla West Papua dari Australia. Konvoi armada Freedom Flotilla West Papua bertolak dari Australia sejak tanggal 17 Agustus 2013. Freedom Flotilla West Papua membawa misi perdamaian dan keadilan untuk bangsa Papua Barat.  Sesuai jadwal yang direalise di Australia bahwa mereka akan memasuki wilayah perairan Republik Indonesia tepat pada tanggal 1 September 2013 setelah menyeberangi selat Tores menuju Merauke Papua Barat.

Massa rakyat bangsa Papua Barat berkumpul di halaman kantor Dewan Adat Papua Wilayah III Doberay dengan diawali dalam doa serta pemimpin-pemimpin politik Federal Republik Papua Barat melakukan orasi-orasi Politik di depan massa rakyat Papua Barat diantaranya pidato politik oleh oleh Juru Bicara Perdana Menteri Federal Republik Papua Barat , Tuan.Jack Wanggai dan Gubernur Jenderal.Markus Yenu , West Papua National Authority, masa aksi mulai bergerak keluar dari kantor Dewan Adat Papua, long marc keliling kota manokwari dan berputar dilapangan borasi kembali menuju Kantor Dewan Adat Papua, sepanjang jalan kota Manokwari masa aksi yang bergabung dalam aksi tersebut membentang 15 bendera Bintang Fajar dan juga diiringi oleh Group Tari-tarian, group tifa dari Serui , dengan semangat dan antusias yang tinggi dalam menyuarakan yel….yel Papua Merdeka….Papua Merdeka dan  mengucapkan selamat datang saudara-saudaraku Aborijin dari pulau kangguru menuju West Papua dengan tiga buah kapal layar Konvoi Perdamaian dan Keadilan dari Australia menuju Merauke, Papua Barat sambil  membentang 15 Bendera Bintang Fajar.

Massa melakukan start menuju jantung kota Manokwari yang membuat ratusan pertokoan dan kantor-kantor pemerintah lumpuh total karena banyaknya massa aksi yang berteriak yel-yel “Papua Merdeka !” “Papua Merdeka !” sepanjang jalan utama kota Manokwari. Bahkan dalam aksi damai kali ini terlihat ratusan anak-anak kecil Papua yang tergabung dalam Persekutuan Anak-Anak Melanesia Papua Barat membawa bendera morning star tanpa rasa takut sedikitpun dengan berteriak yel Papua Merdeka.

Massa rakyat bangsa Papua Barat terdiri dari ibu-ibu atau mama mama Papua , Solidaritas Perempuan Melanesia Papua Barat dan  group tari-tarian  masyarakat adat Yapen Waropen, iwor dari masyarakat adat Biak Numfor,dan group suling tambur. Juga dibarisan paling depan massa aksi damai Freedom Flotilla West Papua adalah konvoi kendaraan roda dua sekitar 50an, lima puluh motorbyke. Selanjutnya massa berputar kembali kearah Jalan Bandung Borarsi,  Borobudur, Maskeri, Wirsi Arkuki dan kembali ke kantor Dewan Adat Papua Wilayah III Doberay-Manokwari sekitar pukul 16.00.wpb.

Pada intinya, aksi damai di Manokwari adalah dalam rangka menyambut kedatangan konvoi Armada kapal-kapal Freedom Flotilla to West Papua dan ucapan rasa terimakasih serta penghargaan yang setinggi-tingginya untuk para akitivis pro-kemerdekaan Papua Barat dari Australia yang terdiri dari sejumlah aktivis yang berasal dari sejumlah negara. Rakyat bangsa Papua Barat juga menyampaikan penghargaan yang setinggi-setingginya secara khusus kepada Bapak tua-tua adat Aborigin secara khusus Captain Kevin Buzakot tetua adat bangsa Aborigin Australia yang telah memimpin perjalanan Freedom Flotilla ke Papua bersama Menteri Luar Negeri Federal Papua Barat Papua Barat yang telah bersama sama pula dalam perjalanan mereka  dari  Australia.

Sejumlah pamphlet-pamflet tertulis Negara Federal Republik Papua Barat bersama pemimpin-pemimpin politiknya mengucapkan selamat datang ke tanah Papua Barat tim advokasi internasional Freedom Flotilla ke Papua.

Demikian laporan ini dari Manokwari ibu kota negara bagian Doberay.

One thought on “Liputan Aksi Damai 27 Fak Fak & Manokwari Agustus 27

  1. APAKAH IBU PERTIWI HARUS MENANGIS LAGI ………! UJUNG-UJUNGNYA ADALAH EKONOMI…….BERBICARA …..PEACE……HARUS OBJEKTIF……..UNTUK MENJALANKAN OBJEKTIVITAS……..

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s